Penyebab Mata Merah, Sering Tidak Diketahui



Sering kali kita merasakan mata yang tiba-tiba memerah, atau bahkan muncul gatal-gatal. Meskipun banyak yang merasakan tidak nyaman dengan mata merah, namun banyak juga yang tidak mengetahui mengenai penyebab dari mata yang memerah tersebut. Nah untuk Anda yang belum mengetahui apa penyebabnya, berikut ini informasi yang bisa Anda jadikan sebagai referensi.

Penyebab Mata Merah Yang Sering Tidak Diketahui Penderita


Konjungtivitis


Ini merupakan sebagai salah satu penyebab dari mata merah, dan ini merupakan penyebab yang sering kali terjadi. Kondisi tersebut membuat pembuluh darah yang ada pada mata jadi membengkak, menjadikan mata kelihatan merah dan seakan-akan terasa kesat. Ini biasanya disebabkan oleh hadirnya infeksi baik itu dari virus maupun bakteri atau dikarenakan reaksi alergi serta iritasi mata. 

Mata kering


Ini dikarenakan pada saat kelenjar air mata tidak memproduksi cukup banyak air mata atau karena air mata banyak yang menguap ke udara. Hal tersebut bisa membuat mata terasa kering serta iritasi sehingga mata terlihat merah.

Ini biasanya juga dipicu oleh adanya cuaca panas dan kering atau berangin, atau Anda yang menggunakan lensa terus menerus, selain itu bisa juga dikarenakan peradangan pada kelopak mata akibat adanya penyakit tertentu seperti lupus, rheumatoid arthritis, serta penyakit Sjogren.

Kelelahan


Ini juga bisa menjadi salah satu penyebab munculnya mata merah, seperti kelelahan bekerja didepan komputer sehingga membuat mata terasa kering atau bahkan bisa berair secara terus menerus. Selain itu kondisi tersebut kadang juga disertai dengan sakit kepala dan rasa lelah yang sangat luar biasa.

Sebaiknya Anda melakukan beristirahat sejenak setiap dalam beberapa jam atau teteskan obat mata seperti insto supaya mata tetap lembab dan sehat.

Cedera


Cedera pada mata biasanya diakibatkan karena kecelakaan, baru menjalani operasi, terpapar benda asing atau zat kimia, paparan sinar ultraviolet yang berlebih, atau adanya luka bakar, yang bisa menyebabkan mata merah.

Nah itulah penyebab mata merah, sering tidak diketahui. Semoga informasi tersebut bisa bermanfaat untuk Anda semuanya sebagai antisipasi untuk pengobatan.

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.